4 Tahun Indonesia Kreatif, Kreatifitas Tanpa Batas



Tak terasa sudah 4 tahun pemerintahan Jokowi-JK. Banyak sudah yang telah dilakukan oleh pemerintah dibawah nahkoda Joko Widodo atau lebih dikenal dengan sebutan Jokowi. 2014 yang lalu tak menyangka jika mantan Walikota Solo dua periode dan mantan Gubernur Jakarta ini akan menjadi seorang presiden. Bukan tanpa sebab, karena sosok yang berperawakan kurus tersebut bukan lahir dari kalangan politikus, melainkan hanya seorang pengusaha mebel di Solo. Namun, siapa sangka saat ini Jokowi menjelma menjadi salah satu Presiden yang dikagumi oleh rakyat Indonesia, bahkan sangat disegani oleh pemimpin di dunia.

Lalu apa saja sihh sebenarnya prestasi pemerintahan Jokowi selama 4 tahun ini? Pertanyaan tersebut terjawab saat saya mengikuti Flash Blogging di Hotel PO Semarang. Salah satu nara sumber yang hadir adalah ibu Rosa Niken W yang merupakan salah satu orang penting di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Beliau menjelasakan bahwa selama 4 tahun ini banyak sekali prestasi yang telah dicapai oleh pemerintah.


Misalnya pembangunan infrastruktur yang sudah merata dari Sabang sampai Merauke. Jika sebelum pemerintahan saat ini focus pembangunan infrastruktur hanya ada di Jawa, saat ini telah bergeser ke semua penjuru nusantara. Buktinya adalah jalan trans Papua, berbagai Pos Lintas Batas Negara dibangun begitu megahnya. Sehingga menjadi kebanggaan warga yang hidup di wilayah terluar Indonesia. Saat ini mereka merasa diperhatikan oleh pemerintah.


Selain itu soal listrik, jika sebelumnya listrik hanya bisa dinikmati oleh warga di kota dan wilayah yang bisa terjangkau. Saat ini listrik sudah masuk di pedalaman negeri. Warga yang hidup di dalam hutan-hutan belantara saat ini juga sudah bisa menikmati terangnya kehidupan, karena pasokan listrik sudah masuk ke wilayah mereka. Luar biasa kan.


Soal energy lainnya, yaitu harga BBM. Jika sebelum pemerintahan Jokowi-JK harga BBM berbeda pada masing-masing daerah, pada era Jokowi harga BBM dis eluruh Indonesia adalah satu harga. Bahkan di Papua yang sebelumnya harga BBM paling tinggi, saat ini juga bisa menikmati harga yang sama seperti di pulau Jawa. Inilah yang namanya keadilan bagi sleuruh rakyat Indonesia.

Masalah kemiskinan di Indonesia selama 4 tahun terakhir juga mengalami penurunan hingga satu digit. Hal ini merupakan salah satu hal yang bersejarah selama ini. Turunnya angka kemiskinan berdampak pada turunnya pengangguran di negeri ini. Tentu hal itu juga berpengaruh pada meningkatnya tingkat ekonomi warga Indonesia. Boleh dibilang ditangan Jokowi lah Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kinerja ekonomi paling hebat. Buktinya pada tahun 2015 lalu, Indonesia mencatatkan diri sebagai Negara dengan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) 4,79%, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi global yang saat itu hanya berkisar antara 2,4%.

Masalah uang misalnya Rupiah saat ini menjadi satu-satunya uang di kawasan Asian yang bisa bertahan terhadap gempuran dollar AS. Bahkan pada Oktober bulan lalu Indonesia mendapat sanjungan luar biasa dari pimpinan IMF dan Bank dunia. Kedua pimpinan tersebut menyebut bahwa Indonesia perekonomiannya sangat kuat dan tidak memerlukan bantuan keuangan lagi. Hal tersebut tentu saja menjadi bukti bahwa Indonesia merupakan Negara dengan kondisi ekonomi yang sangat stabil. Semua itu tentu karena dimanage oleh seorang pemimpin dan anak buah yang bekerja sangat professional.

Berbagai prestasi tersebut tentu patut diapresiasi oleh semua pihak, karena bagaimanapun juga menjadi pemimpin di negeri sebesar Indonesia memang tidak mudah. Apalagi saat ini situasi politik di Indonesia masih sangat labil. Betapa tidak saat ini pemerintah tengah menghadapi berbagai isu negatif yang tujuannya menjatuhkan pemerintahan. Dan anehnya hal itu dilakukan oleh orang-orang yang tidak suka terhadap keberhasilan yang telah diraih oleh pemerintahan Jokowi-JK.

Hal yang saat ini menjadi persoalan serius adalah berbagai informasi, konten negatif yang setiap saat, setiap detik, menit bahkan setiap hari senantiasa menyerang pemerintah saah saat ini. Untuk menangkal semua itu, maka kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai corong pemerintah berusaha menangkal berbagai informasi negative, fitnah dan berbagai isu yang meneyrang pemerintah dengan cara mengampayekan prestasi yang telah diraih oleh pemerintah saat ini.



Untuk lebih menguatkan peran tersebut tidak salah jika saat ini KemKominfo saat ini juga menggandeng para pegiat media sosial utamanya blogger untuk bisa menangkal isu-su negative yang saat ini sedang menyerang pemerintah. Sebagaimana  yang dilakukan saat ini di Semarang dimana Kemkominfo melakukan kerjasama dengan blogger di wilayah Semarang melalui acara Flash Blogging dengan tema “4 Tahun Indonesia Kreatif” dimana salah satu tujuannya adalah untuk mengkapayekan keberhasilan yang telah dicapai pemerintah lewat tulisan, video blog, maupun konten media sosial lainnya. Yang pada intinya adalah mengajak kepada para blogger untuk bisa mengkampayekan untuk bermedia sosial dengan bijak.






Karena salah satu cara untuk menangkal berbagai hoax, berita negatif, fitnah dan isu-isu yang bisa memecah belah persatuan daa kesatuan bangsa Indonesia melalui media sosial adalah dengan cara bijak dan arif dalam bermedia sosial. Ada tipsnya untuk bermedia sosial yaitu dengan prinsip READI : rensponsibilty, empati, arif bijaksana, data yang valid, integrity. Kelima hal tersebut merupakan kunci bermedia sosial yang baik dan benar.

Semoga dengan bermedia sosial yang bijak, kita bisa mencegah terjadinya disintegrasi bangsa Indonesia. Sehingga menjadi bangsa yang hebat dan besar, semoga. Amin.



Post a comment