Berbagi Itu Menyenangkan (Late Post)


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillahirrahmanirrahiimm
Alhamdulilah, puji syukur senantiasa kupanjatkan kepada Allah Tuhan yang Maha Kuasa, amin ya rabbal alamiin.

Ada yang mengatakan bahwa berbagi itu indah, berbagi itu pahala, berbagi  itu ibadah, dan kata-kata lainnya terkait dengan berbagi. Namun yang pasti berbagi memang merupakan salah satu perintah semua agama di dunia ini, khususnya Islam. Atau dalam Islam berbagi lebih sering dikatakan sebagai sadaqah.
Acara Pelatihan Jurnalistik di Hotel Siliwangi Semarang

Ngomong-ngomong soal berbagi nih, tentu saja berbagi tidak melulu soal harta, ataupun barang. Berbagi itu macam-macam, salah satunya berbagi yang penting adalah berbagi ilmu. Ya berbabagi ilmu merupakan sebuah anjuran bahkan dalam Islam sangat dianjurkan sebagaimana salah satu kata mutiara Arab yang berbunyi "Al-'Ilmu bila amalin kasysyajari bila tsamarin" (Ilmu tanpa amal ibarat pohon tak berbuah). Dalam hal tersebut bisa dikatakan bila ilmu tersebut harus diamalkan, dalam arti harus dibagi kepada orang lain agar lebih bermanfaat.

Hal itulah yang kucoba bangun selama ini, meskipun ilmu yang kupunya belumlah seberapa, namun aku tak ragu untuk membagi ilmu yang selama ini aku miliki kepada orang lain, dengan harapan supaya ilmu yang kumiliki bermanfaat bagi orang lain dan berkah. Salah satu ilmu yang bisa kubagi dengan orang lain adalah ilmu tentang dunia tulis menulis atau bahasa kerennya ilmu tentang jurnalisitik.
Banner Acara Pekatihan

Berbagi ilmu tentang dunia tulis menulis memang bukanlah hal yang baru lagi bagiku, karena selama menjadi mahasiswa tingkat akhir aku sering diminta para mahasiswa junior untuk mengisi kegiatan yang berkaitan dengan dunia tulis menulis.  Baik itu yang diadakan oleh organisasi intra maupun ekstra kampus. Bagiku saat itu bisa berbagi ilmu itu menyenangkan dan membahagiakan, karen aku merasa ilmu yang kudapatkan dan kumiliki bisa berguna bagi orang lain.
Foto bareng narasumber lainnya Sahabat Abdul Basith el Qudsyi

Dan baru-baru ini, tepatnya pada akhir bulan Perbruari yang lalu tepatnya pada hari Sabtu tanggal 22 Pebruari 2020, aku berkesempatan untuk berbagi ilmu tentang dunia tulis menulis dengan relawan BMT ANDA Semarang yang diadakan di Hotel Siliwangi Semarang selama sehari. Pengalaman tersebut sangat berkesan sekali bagiku, karena mungkin baru kali ini aku mengisi kegiatan sebagai narasumber yang tempatnya di hotel, hehehehe
Hotel Siliwangi Semarang
Acara tersebut tidak hanya aku saja yang menjadi narasumber tetapi ada narasumber lainnya yang tak lain adalah sahabatku sendiri Abdul Basith el Qudsyi seorang desain grafis dengan produk buku yang sudah ratusan dan juga ptografer profesional di Semarang. Beliau memang kebagian ngisi materi tentang photografi sedangkan aku sendiri mengisi materi tentang wawnacara dan penulisan berita yang baik dan benar.

Acara yang berlabel “ Pelatihan Pembuatan Foto, Video dan Narasi untuk Kegiatan Sosial” oleh BMT ANDA Semarang tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan diikuti sekitar 30 peserta yang berasal dari relawan sosial BMT ANDA. Mereka adalah relawan yang berlatarbelakang mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di kota Semarang. Aku sendiri kebagian mengisi materi pertama tentang teknik wawancara dan penulisan berita.
Peserta kegiatan

Secara umum peserta yang mengikuti kegiatan tersebut memang masih minim pengetahuan tentang dunia jurnalistik ini, akan tetapi semangat dan keinginan untuk belajar mereka tentang materi yang aku sampaikan membuat acara semakin gayeng dan menyenangkan. Sesi tanya jawab tentang materi teknik wawancara dan penulisan berita berlangsung seru karena beberapa peserta juga mencoba menyampaikan ide dan gagasan mereka.
Sesi Tanya Jawab

Materi tentang teknik wawancara dan menulis berita juga ada sesi praktek langsung, dimana para peserta belajar langsung menuliskan sebuah berita pendek tentang peristiwa yang terjadi di area lokasi kegiatan maupun peristiwa di luar lokasi kegiatan. Hasilnya memmang belum maksimal, akan tetapi beberpa peserta memiliki potensi menulis berita yang baik dengan bukti ada beberapa peserta yabg berhasil membuat sebuah berita dengan bagus, baik dari sistematika maupun dari rumus pembuatan berita.
Sesi foto bersama peserta laki-laki

Sesi tentang teknik wawancara dan penulisan berita berakhir pada pukul 12.00 saat waktu salat duhur tiba. Sebelum acara selesai juga dilaksanakan foto bersama antara narasumber dan para peserta kegiatan. Semoga kegiatan tersebut bisa bermanfaat bukan hanya untukku tetapi untuk semua peserta kegiatan. Dan terima kasih kepada BMT ANDA Semarang yang telah memberika kesempatan bagiku untuk berbagi ilmu, semoga bermanfaat, amiin.
 
Foto bersama peserta perempuan

Post a comment