Libur Telah Tiba

Hari Sabtu kemarin, para peserta didik mulai dari jenjang TK-SMA menerima hasil belajarnya selama satu semester ini. Disini saya hanya bisa mendoakan semoga adik-adik yang sedang mengeyam pendidikan, mulai dari tingkat dasar sampai tingkat menengah atas mendapatkan nilai yang baik sesuai dengan harapan dan sesuai dengan kerja keras yang mereka lakukan selama satu semester ini. Bagi yang mendapatkan rangking di kelasnya masing-masing saya mengucapkan "selamat berbahagia dan bersykur, semoga ke depan bisa mempertahankan rangkingnya dan bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik lagi" bagi yang tidak mendapatkan rangking harus bersabar dan terus berusaha lebih giat lagi dalam belajar supaya semester depan bisa memperoleh rangking yang bagus.


Terhitung mulai besok Senin, 17 Desember 2012 liburan semester awal tahun pelajaran 2012/2013 dimulai. Kurang lebih dua minggu lamanya para siswa tidak bersekolah, waktu yang lama untuk libur tersebut hendaknya dijadikan sebagai wahana untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Itu artinya para siswa untuk sementera tidak bersekolah dan tidak dibuat mumet oleh pelajaran sekolah. Liburan juga harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh mereka untuk melakukan refresing sebagai obat untuk menghilangkan segala penat selama satu semester ini harus berjibaku dengan berbagai materi pelajaran, mulai dari menghitung, menghafal, dan lain sebagainya. 
Gambar

Sebagai seorang yang pernah juga mengalami menjadi peserta didik, waktu libur adalah waktu dimana kita harus memanfaatkannya dengan positif bukan hanya dengan bermain tanpat manfaat, tetapi lebih pada mengisinya dengan kegiatan yang positif, semisal silaturrami ke rumah kakek-nenek, ke rumah teman ataupun mengisinya dengan kegiatan edukatif lainnya.Yang terpenting jangan sampai liburan kali hanya diisi dengan berbagai kegiatan yang tidak bermanfaat, semisal tidur, hanya nonton tv, maupun hanya main ke mall dan lain sebagainya.

Liburan bagi sebagian peserta didik maupun orang tua biasanya dimaknai sebagai waktu untuk rekreasi, jalan-jalan ke tempat-tempat wisata dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang berduit. Namun bagi sebagian yang lain terutama dari keluarga kurang mampu biasanya digunakan untuk membantu orang tuanya dalam bekerja. Semua itu memang pilihan masing-masing untuk mengisi waktu liburan sekolah ini. Namun yang paling penting dari semua kegiatan liburan tersebut hendaknya dijadikan sebagai kegiatan yang bermakna dan bernilai edukatif.

Sedangkan bagi para pendidik, semoga liburan semester pertama di tahun ajaran ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi, koreksi dan introspeksi diri bagaimana selama ini mengajar. Bukan hanya itu saja liburan juga harus dijadikan sebagai sarana untuk tetap belajar dan meningkatkan kompetensinya. Jika selama ini dalam mengajar mengalami kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran, ada baiknya jika liburan ini dijadikan sebagai waktu untuk belajar menggunakan media pembelajaran, sehingga ketika sudah masuk kembali pendidik sudah siap menggunakan media tersebut.

Pada intinya waktu liburan harus diisi dengan kegiatan yang bernilai positif dan bernilai edukatif, tujuannya agar liburan ini benar-benar bermakna. Bukan hanya sebagai waktu untuk beristirahat secukupunya, akan tetapi lebih dari itu liburan juga sebagai waktu untuk tetap belajar.!!! Selamat menjalankan Liburan Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. 



 

No comments:

Post a Comment