Belajar Sholat

Sholat merupakan salah satu rukun Islam yang lima, dan sholat merupakan rukun Islam yang ke dua. Dan salah satu ciri khas dari seorang muslim adalah melaksanakan sholat. Dalam ajaran Islam sendiri sholat merupakan sebuah ibadah wajib. Sehari semalam ada lima kali sholat. Sholat juga termasuk salah satu ibadah yang pertama kali kelak akan dihisap oleh Allah ketika hari kiamat. Oleh sebab itulah, saking pentingnya sholat, maka ibadah ini harus diajarkan kepada anak-anak sedini mungkin.


Hal itupula yang diajarkan oleh kakakku kepada anaknya, atau keponakanku dari kakak pertamaku yang saat ini berusia sekitar 5 tahun dan masih sekolah di TK B. Minggu kemarin waktu bapakku ke Semarang dan mampir ke kontrakanku dengan diantar kakak, ponakanku yang bernama Rahma ikut. Dan saat ku pulang kerja untuk sholat Magrib, dia ingin ikut ke warnet setelah sholat Magrib. Awalnya ku tolak tapi dia ngambek, akhirnya ya ku ajak juga.
Rahma belajar mengaji

Di warnet, ku tanya mbak Rahma udah sholat magrib belum? dia jawab belum om, lalu kusuruh dia sholat dengan sebelumnya dia berwudhu di kamar mandi warnet. Setelah itu ku tunjukkan tempat sholatnya dan mukenanya. Rahma memang sudah mandiri ketika mengerjakan sholat, hanya saja saat gak mood ya gak sholat maklum anak kecil. Setelah beberapa waktu dia sholat, aku lihat bagaimana dia sholat, eee ternyata dia sholatnya menghadap ke arah timur. 
Mau Ngaji di TPQ

Pertama kali ku lihat dia, pinginnya ketawa tapi kutahan takutnya dia malah gak jadi meneruskan sholatnya kalau mendengar ku ketawa. Baru setelah ia sholat aku tanyain, mbak Rahma tadi sholatnya mengahdap kemana, dia jawab ke arah sana om sambil menunjukk arah timur. Lalu kutanya lagi, biasanya orang sholat dan katika mbak Rahma sholat di rumah hadapnmya kemana ki arah sana om (sambil menunjukk arah barat), lalu kenapa mbak Rahma sholatnya menghadap timur..?? dia tertawa dan bilang, lha om gak kasih tau kok..hehhehehe
Noofa kelak juga pinter Ngaji

Dan akupun bilang, besok-besok lagi kalau sholat hadapnya yang bener ya, ke arah kiblat ya!!! okey om dijawab begitu. Semoga dengan hal ini akan menjadikan pelajarn penting buat ponakanku untuk bisa melaksanakan ibadah sholat dengan baik dan benar.Dan semoga dengan hal ini pula ke depannya aku bisa mendidik putriku yang cantik Noofa Adzkiya Putri Zain agar bisa menjalankan ibadah sholat sesuai dengan tuntunan Islam

No comments:

Post a Comment