Manusia Tempatnya Salah dan Lupa

Awalnya begitu semangat untuk membuat sebuah syarat-syarat penulisan sebuah karya bersama untuk dijadikan sebuah buku. Akan tetapi karena kurang konsentrasi dan mungkin kurang teliti akibatnya terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Yaa itulah yang terjadi kepadaku sore ini, karena tidak mempelajari dulu tentang cara mmebuats esuatu akhirnya ya kesalahan terjadi..menyesal, sudah barang tentu akan tetapi hal itu menjadi pelajaran yang sangat berharga sekali agar lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu.


Manusia memang tempatnya salah dan lupa, bahkan hal tersebut sangat jelas disebutkan dalam dalam ajaran Islam dimana manusia memang menjadi tempat salah dan lupa. Akan tetapi hal tersebut akan menjadi kekurangan manusia jika salah dan lupa selalu dipelihara dan tidak dirubah. Akan tetapi salah dan lupa itu justru bisa menjadi nilai positif jika dijadikan sebagai sebuah pelajaran agar menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.
Gambar

Adakalanya kesalahan dan kelupaan manusia memang merupakan ketidaksengajaan, bisa karena memang tidak tahu atau apalah, akan tetapi yang jelas salah dan lupa merupakan salah satu sifat alamiah yang dimiliki oleh manusia. Atau bisa dikatakan bahwa hal tersebut adalah manusiawi. Akan tetapi sisi lain, adakalanya manusia juga dapat melakukan kesalahan dan kelupaan tersebut karena faktor kesengajaan, manusia semacam ini bisa dikatakan sebagai seorang yang egois karena hanya memikirkan kepentingan diri sendiri dan terkadang bisa merugikan orang lain.

Apapaun itu semua, meskipun manusia telah dicap sebagai tempatnya salah dan lupa, semoga hal tersebut tidak menjadikan semua manusia, khususnya saya pribadi menjadi lebih lemah. Sabliknya semoga dengan sifat-sifat tersebut bisa menjadikan kita semua lebih dapat berintrospeksi diri terhadap diri sendiri maupun lingkungan hidup kita. Karena dengan hal itulah, kita bisa melakukan move (perubahan) dari yang kurang baik menjadi lebih baik, semoga!!!

No comments:

Post a Comment