Catatan Sehari Latihan Pramuka Bersama Anak SLB

Hari ini benar-benar melelahkan namun juga menyenangkan. Seperti sudah diagendakan 2 minggu yang lalu, bahwasanya hari ini Selasa 26 Maret 2013 di SLB Negeri Ungaran akan diselesnggarakan latihan kemah untuk jenjang SMALB. Ketika pagi-pagi sampai di sekolah ternyata, murid-murid SMA yang akan melaksanakan latihan kemah sudah datang dengan membawa berbagai perlengkapan yang telah ditentukan oleh panitia dua hari lalu. Diantaranya, membawa tongkat, tali dan berbagai perlengkapan yang lain.


Agenda yang akan dilaksanakan adalah persiapan, memasang tenda, upacara pembukaan, materi (membaca sandi angka dan huruf, baris-berbaris, latihan rasa, tali temali, halang rintang, dan penutup). Acara pertama adalah mendirikan tenda, karena tenda yang digunakan adalah jenis baru maka, kami pembina dan murid-murid sempat kesulitan, akan tetapi sedikit-demi sedikit akhirnya dua tenda pun berdiri. Satu bagi cowok dan 1 untuk cewek. Setelah tenda berdiri, acara foto-foto pun dilakukan di masing-masing tenda. Anak-anak nampak begitu senang dengan kegiatan mendirikan tenda tersebut.
Narsis dulu

Setelah tenda berdiri, acara dilanjutkan dengan upacara pembukaan dan aku sendiri jadi petugas pembaca doa. Setelah selesai dilakukan anak-anak langsung amsuk ruang untuk mendapatkan materi membaca sandi angka dan huruf. Acara berlangsung menarik karena juga diramaikan dengan acara minum susu bersama dari produsen Susu Mr Jussie dari Semarang. Setelah materi tentang membaca sandi selesai dilanjutkan dengan materi PBB. Saat itu aku bertugas menjadi fotografer, ceprat sana-sini hehehehehe.

Tepat pukul 12 siang materi baris-berbaris selesai, dilanjutkan dengan sholat berjamaah, sesuai dengan tugas dari panitia maka aku kebagian menajdi imam salat alasannya karena aku guru agama gitu kata guru-guru yang lain. Setelah salat, dilanjutkan makan siang bersama, setelah makan siang acara dilanjutkan dengan materi mengenal rasa bahan-bahan masakan dapur. Karena yang mengisi kakak pembina yang perempuan, maka aku dan teman yang lain yang laki-laki bersantai bahkan aku sempet tertidur hehehehhehe

Menjelang jam dua mendung tiba, aku dan yang lain menyiapkan tempat  untuk halang-rintang. Dan sekitar jam 2.30 jelang sore acara haral rintang pun dimulai, namun baru berjalan sekitar 15 menit dan baru adik-adik cowok mulai merayap dan melompat di area halang rintang, hujan pun turun dengan deras, peserta dan pembina langsung kocar-kacir lari ke dalam ruangan kelas lagi. hehehehehehe aku langsung nyeleetuk "wuah Pramuka kok takut hujan" teman yang lain langsung menjawab "lha pembinanya aja juga takut hujan kok", teman pembina yang lain lagi berkata "maklum lah Pramuka di SLB" hehehehhehe kami pun tertawa bersama.

Setelah hujan dan agenda halang-rintang gagal, agenda diganti dengan latihan tali-temali lagi, sampe pukul 4 sore. Karena hujan turun semakin deras dan para orang tua sudah menunggu putra-putrinya akhirnya latihan perkemahan untuk anak SMALB Negeri Ungaran pun ditutup tanpa upacara penutupan di halaman sekolah. Disisi lain, aku bersama pembina yang lain mulai mmebongkar tenda meskipun hujan turun, mau mengajak siswa kasihan. Selesai beres-beres akupun akhirnya pulang ke Semarang lagi dan sampai rumah kurang lebih jam menjelang jam 17.30 sore ini. Dan langsung saja setelah bercanda tawa dengan si kecil Noofa, mengaji dan salat Magrib, aku tuliskan pengalaman hari ini.

No comments:

Post a Comment