Meneladani Paul Newman


Membaca tulisan mbak Evi Indrawanto yang berjudul “Belajar dari Paul Newman membuatku jadi trenyuh dan sangat tersentuh. Meskipun tulisannya begitu ringkas, akan tetapi memuat suatu pesan yang sangat luar biasa mendalam bagi siapa saja yang membacanya, tak terkecuali bagiku. Suatu tulisan yang sangat inspiratif sekali, yaitu tulisan tentang profil singkat seorang yang telah sukses akan tetapi tidak melupakan hakekat dia sebagai seorang manusia.
Dialah Paul Newman seorang yang telah mendapatkan berbagai macam kesuksesan dalam hidupnya. Pernah menjadi seorang pelajar, tentara, aktor, sutradara, pembalap, politikus , dan juga seorang interpreneur yang sukses. Perjalanan hidup Paul Newman seakan menjadi sangat sempurna ketika ia memutuskan diri untuk menjadi seorang pilantropis (dermawan). Sebuah pilihan yang mungkin sangat jarang sekali dilakukan oleh orang-orang sukses di Indonesia.

Membaca sekilas tentang sosok Newman tentu kita bisa membayangkan betapa hebatnya dia, pengalamannya dalam berbagai bidang kehidupan telah mengantarkannya sebagai seorang yang matang dalam hidup. Kesuksesan yang ia raih juga menunjukkan betapa seorang Newman merupakan tipe pekerja keras dan tidak kenal putus asa untuk meraih kesuksesan yang ia impikan. Satu hal yang ingin ditunjukkan oleh Newman bahwa kita tidak boleh berpuas diri terhadap satu kesuksesan saja, tetapi kita harus bisa meraih kesuksesan yang lain.

Sisi lain yang patut untuk dijadikan teladan dari seorang Newman adalah ia merupakan orang yang sangat dermawan. Bentuk kedermawanan seorang Newman sebagaimana yang ditulis oleh mbak Evi adalah ia sering mengadakan kegiatan amal, diantaranya dengan membuka lembaga pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dan lain sebagainya. Semua itu dilandasi oleh prinsipnya bahwa kesuksesan yang ia dapatkan harus bisa digunakan untuk membantu masyarakat luas.


Sebuah prestasi yang sangat luar biasa yang telah diajarkan oleh Paul Newman kepada kita semua. Dari kisah perjalanan hidup Newman kita bisa meneladani dua hal penting, yaitu kerja keras untuk sukses serta berbagi atas kesuksesan tersebut. Artinya bahwa dalam hidup kita diharuskan untuk meraih kesuksesan, dan setelah sukses kita diharuskan untuk bisa membantu orang lain. Hal inilah yang sesungguhnya merupakan hakikat dari sebuah kesuksesan.


Jadi intinya orang yang sukses adalah orang yang bisa menggunakan hasil kesuksesannya tersebut untuk membantu orang lain. Atau dengan kata lain orang sebaik-baiknya orang adalah orang yang bisa bermanfaat bagi orang lain.
 

BANNER EVIINDRAWANTO1 First Give Away Jurnal Evi Indrawanto

First Give Away : Jurnal Evi Indrawanto


No comments:

Post a Comment