Tiga Proyek Besarku

Aku sangat berharap sekali dalam hidupku memiliki sebuah karya berupa sebuah buku dengan namaku tertera sebagai penulisnya. Meskipun sudah 5 buku yang sudah aku susun tapi 3 diantaranya merupakan pesanan dari orang. Dalam hal itu namaku sama sekali tidak muncul, meskipun hanya sebagai editor, sedangkan dua buku yang lain aku memang tertera menjadi editornya. Meskipun demikian, hal tersebut saya anggap sebagai sebuah pengalaman berharga.


Dan saat ini aku benar-benar ingin mewujudkan mimpiku tersebut yaitu menyususn sebuah buku yang benar-benar aku berdiri sendiri sebagai penulisnya, bukan sebagai editor. Meskipun sebenarnya keinginan tersebut sudah sekitar satu tahun yang lalu akan tetapi hal tersebut belum bisa terwujud karena berbagai hal yang menjadi batu sandungan. Oleh sebab itulah, pada tahun ini aku benar-benar akan lebih fokus dalam merealisasikan proyek tersebut.

Harus kuakui jika menyusun sebuah buku bukanlah pekerjaan mudah, akan tetapi aku yakin dengan bekal ilmu jurnalistik yang telah aku dapatkan sewaktu masih kuliah akan membuat aku lebih mudah untuk mewujudkan keinginan tersebut. Apalagi saat ini bahan-bahan dan materi yang akan aku bukukan telah ada.Semoga hal tersebut akan semakin membuat mudah pekerjaanku untuk menyusun sebuah buku yang telah lama aku idam-idamkan.
Gambar

Saat ini memang ada 3 proyek yang menurutku besar dan bagiku sangat penting sekali untuk segara aku realiasikan. Pertama, adalah menerbitkan sebuah karya buku atas namaku sendiri. Hal tersebut adalah cita-citaku sejak dulu, karena bagiku hidup tanpa sebuah karya terasa hampa. Dalam hal ini aku sering teringat akan kata-kata bijak, Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan  belang, dan manusia mati harus meninggalkan sebuah karya yang bermanfaat bagi yang lain. Dan itu bagiku adalah menerbitkan sebuah buku atas nama pribadi.

Kedua adalah merampungkan buku yang diuslkan oleh bapak mertua. Pada awalnya aku hanya diminta untuk membuat semacam buku panduan untuk kegiatan workshop tentang masalah aliran dalam Islam. Akan tetapi berjalannya waktu bapak menginginkan agar hal tersebut dimatangkan saja biar menjadi sebuah buku. Mendengar hal tersebut aku sangat antusias dan ingin segera mungkin merealisasikannya dalam waktu dekat ini.

Ketiga adalah proyek penelitian di kampung halaman. Sudah jauh-jauh hari sebenarnya aku mendapatkan sebuah tugas dari seorang dosen dari IAIN untuk menggarap sebuah proposal penelitian tentang lingkar hidup masyarakat Blora. Meskipun pada awalnya aku agak berat, akan tetapi setelah melalui diskusi panjang akhirnya aku menerima tantangan tersebut untuk menggarap penelitian tersebut pada liburan semesteran mendatang. Bahkan aku juga memiliki niat jika penelitian selesai, maka laporan hasil penelitian ingin juga kujadikan sebagai sebuah buku.

Semoga proyek besarku tersebut bisa terwujud secepatnya, amien.

1 comment:

  1. Semoga lancar ya mas.

    saya doakan dari Jember aja ya.

    Heheheeeee

    ReplyDelete