Hari Lahirnya Pancasila

Aku yakin tidak semua orang Indonesia tahu bahwa 1 Juni kemarin merupakan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa ini. Bahkan aku juga tidak yakin jika semua pelajar dan mahasiswa yang tersebar di seluruh penjuru nusantara tahu ada hal bersejarah apa pada 1 Juni. Mungkin jika di prosentase tidak lebih  dari 50% masyarakat kita yang mau tahu ada apa sebenarnya pada 1 Juni. Jika itu benar adanya, maka patut disayangkan sekali karena salah satu hari yang sangat bersejarah bagi bangsa ini sudah tidak lagi diingat oleh generasi penerus bangsa.


Yaa, 1 Juni merupakan salah satu hari bersejarah bangsa ini karena tepat pada tanggal tersebut lahirlah rumusan Pancasila yang disamapaiakan oleh bapak Proklamator RI yaitu Bung Karno. Oleh sebab itulah setiap tanggal 1 Juni akhirnya diperingati sebagai hari lahirnya pancasila. Jika dihitung-hitung maka sudah hampir 68 tahun sudah pancasila menjadi falsafah dasar bagi bangsa Indonesia.; Selama itu pula Pancasila telah membuktikan bahwa kelima dasar sila dalam pancasila merupakan bagian terpenting dalam kehidupan bangsa ini.
Pancasila

Namun ada hal yang patut disayangkan, karena saat ini banyak sekali masyarakat Indonesia mulai dari kecil-hingga tua, dari pejabat hingga rakyat jelata, mulai kalangan terdidik hingga kalangan kurang terdidik seakan sudah melupakan kelima sila dalam pancasila. Semua itu terbukti dengan perilaku masyarakat Indonesia yang semakin jauh dari nilai-nilai yang terkandang dalam pancasila. Korupsi merebak, kejahatan merajalela, dan berbagai perbuatan kurang terpuji seakan menjadi kebiasaan masyarakat kita. Hal tersebut tentu merupakan salah satu bukti nyata bahwa pancasila telah ditinggalkan.

Padahal jika mau jujur, kelima sila dalam pancasila merupakan falsafah hidup masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupannya. Jika semua orang mau berpegang teguh pada pancasila tentu kehidupan bangsa ini akan menjadi tentram dan damai. Tidak ada lagi korupsi, kejahatan, permusuhan, dan berbagai bentuk perbuatan yang merugikan orang lain. Hal itu disebabkan karena semua orang telah sadar dan mengerti pentingnya hidup sesuai dengan aturan yang ada.

Oleh sebab itulah ada baiknya jika saat ini masyarakat Indonesia kembali menjadikan pancasila sebagai falsafah hidup. Bukan hanya sekedar memepringatinya setiap tanggal 1 Juni, melainkan juga menjadikan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jika hal tersebut bisa terealisasi, maka bukan tidak mungkin bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar yang tetap memiliki pegangan berupa pancasila sebagai dasar negara. Selamat hari lahirnya pancasila.!!!

No comments:

Post a Comment