Test TOEFL dan TOAFL

Baru kali ini aku merasakan test Toefl, dan juga Toafl juga tes wawancara dengan bahasa arab. Sungguh pengalaman yang tidak akan pernah aku lupakan seumur hidup, karena tes ini pula yang salah satunya akan menentukan perubahan hidupku di masa yang akan datang. Tes ini pula aku anggap sebagai pintu gerbang untuk menuju kesuksesan di masa mendatang.


Keinginan untuk kuliah lagi di S2 memang sudah lama aku pendam dalam hati, beberapa kali mau mencoba tapi gagal karena terhambat oleh ijin dari sekolah dimana aku mengajar. Padahal saat itu ada beasiswa s2 untuk guru-guru PAI. Kegagalan tersebut tetap menjadi pemicu dan pemacu semangatku untuk tetap berharap suatu saat ada kesempatan yang hadir kepadaku supaya aku bisa mendaftarkan diri sebagai mahasiswa pascasarjana.
Toefl

Kesempatan itupun hadir karena masukan dan dorongon keluarga dan istri maka akhirnya aku mendaftarkan diri untuk bisa mengikuti seleksi masuk di pascasarjana IAIN Walisongo Semarang. Alhamdulilah administrasi lengkap dan akhirnya pada hari ini aku diberi kesempatan untuk mengikuti ujian masuk. Namun siapa sangka  ternyata ujian masuknya adalah Toefl dan Toafl, wawancara bahasa arab dan juga wawancara keislaman.

Jujur saja aku kurang siap dan sama sekali tidak persiapan apalagi belajar sama sekali. Aku hanya mengandalkan doa semoga bisa lancar dan mudah dalam menghadapi tes tersebut. Hemmm saat tes dimulai dengan Toefl dulu, aku memang merasa agak kesulitan apalagi saat listening alamak kagak nahan, setelah itu ada structure dan reading yaa aku anggap bisa lah. Setelah selesai maka dilanjutkan dengan tes Toafl, kupukir aku bisa jika bahasa arabnya kalimatnya yang mudah-mudah saja, ternyata hemmmm lebih sulit dari yang kubayangkan.

Bahkan ditengah-tengah test toafl peserta tes juga diwajibkan ikut wawancara bahasa arab, yakinnnn aku merasa lunglai saat interview jujur aku mati kutu karena perbendaharaan arabku sangat sedikit. Akhirnya aku hanya wawancara sebentar dan bagi penguji sudah cukup melihat kemampuanku yang sangat lemah dalam hal percakapan dengan bahasa arab.

Tes terakhir adalah wawancara keislaman dan ini aku jalani dengan lancar saja maklum semua materi yang ditanyakan telah aku kuasai sebelumnya. Semoga tes ini akan berakhir baik, yaitu aku lulus dan bisakuliah lagi dan menggapai cita-citaku amien ya rabbal alamien.

No comments:

Post a Comment