Ospek Saat Ini

Beberapa hari ini warnet tempat aku biasa bekerja sangat ramai menjelang magrib serta bakda isya, banyaknya konsumen yang rela antri untung ngenet memang tidak seperti hari-hari biasanya karena mereka adalah mahasiswa baru IAIN Walisongo Semarang yang sedang mengikuti kegiatan orientasi pengenalan kampus (OSPEK). Lalu apa hubungannya Ospek dengan datang ke warnet, tentu saja ada karena mereka mencari tugas yang diberikan senior panitia.


Memang harus diakui bahwa kegiatan Ospek yang selama ini berjalan di IAIN Walisongo Semarang hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya tentu saja resitasi (tugas) yang harus dikerjakan oleh mahasiswa baru, baik itu untuk membawa barang-barang tertentu, makanan tertentu, pakaian tertentu sampai dengan harus mengerjakan tugas tertentu juga. Semua itu harus dijalani secara bertahap oleh semua mahasiswa baru.
 
Gambar pinjem sini
Bahkan tugas yang diberikan kepada mahasiswa baru tidak jauh berbeda dengan yang dulu-dulu, yaitu disuruh untuk mencari artikel yang berkaitan dengan tugas mahasiswa sebagai agen perubahan sosial. Masalah pendidikan saat ini bagi yang jurusan Tarbiyah, masalah hukum bagi yang mengambil jurusan Syariah, dan masalah komunikasi bagi yang mengambil jurusan Dakwah. Tentu saja aku hafal banget karena sejak dulu, tugas-tugas yang diberikan selalu sama.

Memang Ospek saat ini bisa dikatakan telah berubah karena tidak ada lagi  kegiatan penugasan yang bersifat fisik ataupun hukuman fisik sebagaimana yang terjadi di masa lalu. Namun meskipun segala hal yang berkaiatn dengan fisik seminimal mungkin ditiadakan akan tetapi resitasi ataupun tugas yang lain ternyata juga menguras fisik maupun pikiran. Namun, itulah bagian dari proses pembelajaran yang harus dijalani oleh calon pemimpin bangsa ini.

Yang jelas, Ospek saat ini sudah mengalami pembenahan menjadi lebih baik, semoga ke depan produk yang dihasilan juga berkualitas. Amien.

No comments:

Post a Comment