Berburu Kartu Kuning dan SKCK

Bulan September-Desember  nanti pemerintah Indonesia mempunyai gawe besar yaitu menyelenggarakan perekrutan PNS baru baik di Kementerian maupun di pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Perihal penerimaan CPNS tahun 2013 ini memang sudah lama heboh dan dinanti-nantikan kedatangannya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama mereka yang memiliki pandangan bahwa menjadi seorang PNS itu adalah anugerah terbesar di dunia ini.


Sudah sejak dua minggu yang lalu aku memang sering mendapatkan sms dari teman dan saudara yang menanyakan apakah sudah ada info pendaftaran CPNS terutama untuk wilayah Jawa Tengah, karena memang belum ada aku jawab apa adanya belum ada  info CPNS. Dan baru dua hari yang lalu aku bisa mendapatkan info dibukanya pendaftaran CPNS di provinsi DIY itupun dengan formasi yang tidak dalam kualifikasi yang tidak masuk hitungan.
Gambar dari sini

Saat dapat info tersebut langsung saja aku kabari teman dan saudara yang membutuhkan info, siapa tahu ada lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pemerintah DIY. Selain itu aku juga ditanya apa syarat-syaratnya lalu akupun segera kasih tahu persyaratan yang harus dilengkapi. Dari banyak syarat salah satunya yang wajib dipenuhi adalah kartu kuning (kartu pencari kerja) yang diterbitkan oleh Dinas Tenaga Kerja di masing-masing kota/kabupaten. Tak ketinggalan juga SKCK dari kepolisian setempat yang harus dilengkapi oleh mereka yang berminat daftar CPNS.

Aku sudah menduga jika dengan turunnya info CPNS, maka salah satu lembaga yang tersibuk tentu saja Polres dan juga Dinas Tenaga Kerja sebagai pihak yang berhak menerbitkan SKCK dan Kartu kuning. Seperti yang diungkapkan oleh salah satu teman yang pagi-pagi sms bahwa ia telah mengantri mendapatkan kartu kuning sejak jam 4 pagi tadi, dia sangat heran antri jam segitu saja sudah banyak orang yang antri. Begitu juga yang terjadi di Polres banyak sekali orang yang antri untuk bisa mendapatkan SKCK.

Yaa begitulah fenomena yang terjadi saat rekrutmen CPNS berlangsung di negeri ini selalu saja orang-orang pada heboh dalam menyambutnya. Bagaimana dengan anda..??? 

No comments:

Post a Comment