KIAT MENGGAPAI HAJI MABRUR



Judul Buku : Dahsyatnya Ibadah Haji (Catatan perjalanan ibadah di Makkah dan Madinah)
Penulis : Abdul Cholik
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman : ix + 233 halaman
ISBN : 978-602-02-4810-3
Cetakan Pertama : 2014
Harga : Rp. 47.800,-
 
istirahat sejenak di Masjid sambil membaca Buku
Dahsyatnya Ibadah Haji
Sebagai seorang Muslim dapat melaksanakan semua rukun Islam yang lima; syahadat, salat, zakat puasa dan haji adalah sebuah kenikmatan sekaligus berkah dalam kehidupan ini. Terutama dapat menjalankan rukun Islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah haji ke Baitullah adalah dambaan setiap umat Islam. Karena menjalankan ibadah haji dianggap sebagai penyempurna, karena sebagai penyempurna itulah tidak semua umat Islam bisa menjalankan ibadah haji.
Ibadah haji memang disyaratkan bagi umat Islam yang memiliki kemampuan, baik mampu secara fisik, psikologi, mental, lebih-lebih mampu secara materi. Namun demikian semua itu bisa terpenuhi jika dilandasi dengan niat yang lurus. Niat lurus yaitu hanya ingin beribadah kepada Allah dan mengharap RidhoNya, insyaallah semua umat Islam akan mampu menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam kelima (hal. 7). Niat lurus merupakan salah satu pondasi dasar yang harus dimiliki oleh setiap Muslim jika berkinginan dan bercita-cita ingin pergi ke Makkah al Mukarramah dan Madinah al Munawwarah.

Itulah sedikit dari banyak isi buku “Dahsyatnya Ibadah Haji; Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah” karya Abdul Cholik. Beliau adalah seorang Blogger senior asal Surabaya dan dikenal sebagai Komandan Blog Camp. Pakde Cholik begitu beliau akrab disapa menuliskan sebagian kisah pengalaman religiusnya saat menjalankan ibadah haji dengan istri. Bahasa yang sederhana membuat buku ini  mudah dipahami pembaca namun apa yang disampaikan merupakan hal-hal yang sangat penting yang sangat perlu diketahui bagi setiap umat Islam yang akan atau ingin melaksanakan ibadah haji.

Gaya bahasa yang digunakan dalam penulisan buku tersebut tidak jauh beda dengan gaya penulisan Pakde saat menulis di media blog, dan itulah yang menjadi ciri khas gaya penulisan Pakde Cholik. Kadang bahasa tulisannya bisa membuat pembaca sangat serius, terkadang santai namun kadang juga membuat pembaca bisa tertawa dibuatnya. Disinilah sangat kelihatan bagaimana penulis sangat pandai dalam meramu tulisan supaya pembaca bisa menikmati sensasi yang luar biasa ketika membaca buku yang sangat menarik tersebut.

Dari segi alur cerita penulisan, buku ini dapat dikatakan sistematis karena penulis memang bercerita tentang pengalaman perjalanan pribadi saat menunaikan ibadah haji sehingga beliau sangat paham betul peristiwa sebelum, saat dan sesudah proses ibadah haji terjadi. Oleh sebab itulah tidak mengherankan jika alur penulisan dalam buku ini begitu mengalir karena sang penulis sudah sangat menguasai bahan yang diramu menjadi sebuah tulisan yang sangat menarik.

Lebih jauh lagi, dilihat dari isi buku sangat penting sekali, karena di dalamnya dijelaskan secara detail mengenai proses perjalanan pelaksanaan ibadah haji baik saat persiapan ketika masih di Indonesia, maupun saat pelaksanaan di Makkah dan Madinah hingga sampai tiba kembali ke Indonesia. Bukan hanya itu saja hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan maupun dilaksanakan serta apa saja yang harus dihindari umat Islam ketika akan, sedang dan sesudah melaksanakan ibadah haji ditulis sangat lengkap dalam buku tersebut. Nilai tambahnya lagi adalah dalam buku tersebut juga diberikan foto sebagai penegas dan bukti untuk menambah fakta-fakta yang disampaikan dalam buku itu.

Meskipun demikian buku ini dalam buku tersebut ada beberapa kekurangan kecil yaitu salah tulis, semisal “tingkat empat” ditulis “tinggal empat” (hal. 17), kata “mata” hanya tertulis “mat” (hal. 26). Selain salah tulis ada bagian sebagai kekurangan yaitu ada tulisan yang tidak lengkap seperti sub judul “Menetap di Mina” tidak ada ending-nya. Ada juga pemotongan kalimat seperti pada tulisan dalam sub judul “Melempar Jumrah Aqabah” tepatnya pada paragrap ke 7 sehingga jika dibaca dengan teliti kurang menyambung dengan paragrap selanjutnya.

Namun secara umum buku “Dahsyatnya Ibadah Haji; Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah” karya Abdul Cholik merupakan buku yang wajib dimiliki dan  dibaca oleh setiap Muslim terutama umat Islam Indonesia khususnya bagi mereka yang akan menunaikan ibadah haji. Karena bisa dibilang buku tersebut merupakan buku yang berisi tips dan kiat sukses untuk bisa meraih haji yang mabrur.

5 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Lomba Menulis Resensi Buku Dahsyatnya Ibadah Haji
    Dicatat sebagai peserta
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  2. Pakde memang jago bener dalam menulis ya, Pak.

    ReplyDelete
  3. Ini bulan persiapan haji. Sungguh penting buku Pakde Cholik ini untuk dibaca ya, Mas.

    ReplyDelete