Lomba 17an Anak SLB

Seperti sudah menjadi sebuah tradisi yang tidak bisa ditinggalkan menjelang hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus di setiap penjuru tanah air baik itu di kota, desa, instansi pemerintah, instansi swasta, sekolah, perumahan, perkampungan pasti menyambutnya dengan gegap gempita. Salah satu rutinitas yang dilakukan menjelang HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke 70 tahun adalah menggelar berbagai macam perlombaan.

Begitu pula di sekolahku SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah, mulai hari ini diselenggarakan lomba bagi semua siswa berkebutuhan khusus. Lomba diagendakan akan dilaksanakan selama tiga hari yaitu hari ini Rabu, Kamis dan Jum'at. Diantara lomba yang dimainkan pada hari ini adalah lomba lari estafet sambil bawa karet di mulut dengan sedotan bagi siswa TKLB-kelas III SDLB dilanjutkan dengan lomba makan krupuk. Ada pula lomba makan krupuk bagi siswa SDLB  kelas IV-VI dan juga bagi siswa SMPLB. Sementara khusus bagi siswa SMALB adalah lomba menggambar dan mewarnai.
 
Lomba makan krupuk siswa SLBN Ungaran
Yang namanya siswa SLB ada-ada aja tingkah polahnya saat lomba, misalnya saat lomba krupuk peraturannya dua tangan harus di belakang tapi tetap aja ada yang menggunakan tangan untuk memegang krupuknya tentu saja dia cepat menghabiskan krupuknya tapi dianggap tidak sah. Ada pula anak yang lain sudah dapat bagian untuk makan krupuk tetap saja menyerobot krupuk milik siswa lainnya sehingga siswa yang lain menangis. Jelas polah tingkah tersebut membuat tertawa penonton yanig rata-rata adalah orang tua siswa yang mendampingi anak-anaknya.

Lomba 17 an Agustus memang sudah jamak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, tak terkecuali bagi siswa-siswi yang memiliki kebutuhan khusus. Disamping untuk menyambut HUT RI ke 70 tahun, hal ini juga sangat baik untuk menanamkan rasa nasionalisme kepada mereka. Selain itu lomba juga merupakan hiburan bagi siswa SLB yang jarang menikmati dan mengikuti sebuah moment lomba yang menyenangkan. Terbukti dengan adanya lomba ini siswa-siswa merasa gembira dan bahagia serta bersemangat dalam mengikuti lomba yang diadakan pihak sekolah.
 
Ayo semangat
Semoga lomba yang diadakan tidak hanya sekedar untuk kegiatan seru-seruan saja, akan tetapi bisa membuat siswa SLB menjadi lebih bersemangat dalam belajar meskipun dengan berbagai kekurangan yang mereka miliki.

2 comments: