Selamat Hari Santri Nasional

Hari ini 22 Oktober 2016 untuk pertama kalinya di Indonesia diperingati sebagai "Hari Santri Nasional" setelah tepat satu tahun yang lalu tanggal 22 Oktober 2015 Presiden Indonesia Joko Widodo resmi menetapkan sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan tersebut jelas disambut gegap gempita oleh semua kalangan umat Islam, khususnya para santri di berbagai pondok pesantren di seluruh penjuru tanah air. Dan pada hari ini peringatan pertama kali Hari Santri Nasional dilakukan dengan berbagai kegiatan oleh para santri.

Berbagai kegiatan juga telah dilakukan dalam menyambut hari bersejarah ini, khususnya di daerah-daerah yang memiliki pondok pesantren. Diantara kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah berbagai perlombaan yang masih bertalian dengan kegiatan santri di pondok pesantren, semisal lomba Qiroah, lomba membaca kitab kuning, bahkan ada pula turnamen futsal antar santri, tak ketinggalan pula kirab juga dilakukan oleh banyak pondok pesantren di Indonesia. Semua dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas peringatan hari santri nasional. 
 
Santri
Ditetapkannya Hari Santri Nasional (HSN) oleh presiden Jokowi bukanlah perkara mudah, butuh jalan terjal dan panjang sehingga HSN bisa terwujud. Perjuangan berbagai pihak, utamanya para kyai serta para santri yang saat ini telah menjadi para pejabat dipemerintahan patut untuk diapresiasi. Berkat kerja keras berbagai pihak untuk mendorong pemerintah agar dapat mengakui perjuangan para kyai dan santri dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Saat ini para santri di Indonesia telah memiliki hari nasional yang bisa diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Hal ini membuktikan bahwa saat ini negara dan bangsa telah mengakui bahwa keberadaan bangsa ini tidak bisa dilepaskan dari sejarah panjang perjuangan rakyat Indonesia yang salah satunya adalah perjuangan tulus dengan mengorbankan harta, benda dan nyawa demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Sehingga sangat wajar jika perjuangan hebat para santri di seluruh tanah diganjar dengan sebuah penghargaan berupa pengakuan dari negara atas jasa-jasa mereka.

Ditetapkannya tanggak 22 Oktober sebagai hari santri nasional sesungguhnya merujuk pada resolusi jihad yang disepakati oleh para kyai Nahdlatul Ulama yang dipimpin oleh Hadratus Syaikh K.H. Hasyim Asy'ari dari Jombang pada tanggal 22 Oktober 1945.  Resolusi jihad tersebut merupakan jawaban atas kedatangan penjajah sekutu yang ingin kembali menjajah Indonesia setelah resmi merdeka pada 17 Agustus 1945. Resolusi tersebut intinya adalah menginformasikan kepada semua warga negara Indonesia khususnya umat Islam untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia meskipun taruhannya nyawa.

Berkat Resolusi Jihad tersebut setiap umat Islam khususnya para santri di penjuru Indonesia saat itu angkat senjata demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Oleh sebab itulah penghargaan atas jasa-jasa para santri dengan penetapan hari santri nasional sudah tepat sekali. Selanjutnya peran santri di era sekarang adalah mengisi kemerdekaan dengan tetap belajar sungguh-sungguh baik ilmu agama khususnya dan ilmu umum serta berbagai keterampilan agar mereka memiliki bekal hidup serta bisa memberikan yang terbaik bagi kemajuan bangsa dan negara. 

Selamat Hari Santri Nasional, Hidup Santri!!!.

2 comments: