Maju-Mundur Pendidikan Indonesia

Kurang lebih sudah 67 tahun lamanya Indonesia merdeka, namun meskipun sudah setengah abad lamanya kemerekaan telah dirasakan oleh masyarakat, masih terdapat kemerekaan yang sesungguhnya belum dirasakan oleh banyak masyarakat. Kemerdekaan tersebut adalah kemerdekaan dalam dunia pendidikan. Saat ini masih banyak anak bangsa yang belum mengenyam pendidikan sebagaimana mestinya, salah satu penyebab mengapa mereka belum mengeyam pendidikan yang layak adalah karena mahalnya biaya pendidikkan.


Harus diakui jika hingga saat ini masih banyak anak-anak di negeri ini yang tidak sempat mendapatkan pendidikan, dikarenaka mereka berasal dari golongan orang-orang muskin yang tidak memiliki biaya untuk membayar uang pendidikan yang sangat besar. Bukan hanya itu saja, banyak sekali anak-anak bangsa yang tidak bisa menikmati indahnya dunia sekolah dikarenakan mereka harus mencari nafkah dan membantu orang tuanya dalam bekerja.
 
Gambar
Disisi lain, saat ini kualitas pendidikan nasional bisa dikatakan sedang mengalami berbagai kemunduran, terutama dalam hal pendidikan akhlak dan karakter. Banyak sekali para pelajar akhir-akhir ini sering terlibat pada perilaku yang tidak seharusnya.Sering membolos, tawuran, dan berbagai perilaku buruk lainnya. Apa yang telah dilakukan oleh pelajar tersebut tentu merupakan bukti nyata bahwa pendidikan Indonesia mengalami kegagalan dalam membentuk anak didik yang berkarakter.

Carut-marutnya dunia pendidikan akhir-akhir ini juga semakin memperlihatlkan bahwa pemerintah telah gagal dalam mengelola pendidikan nasional. Pergantian kurikulum serta karut-marut pelaksaan Ujian Nasional (UN) juga seakan menjadi indikator bahwa para pengelola pendidikan di Indonesia masih harus banyak belajar. Pemerintah dalam hal ini juga harus bertanggungjawab penuh terhadap semua masalah yang saat ini sedang melanda dunia pendidikan nasional.
Gambar

Moment peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei merupakan moment yang tepat untuk melakukan evaaluasi menyeluruh terhdap berbagai kekurangan yang selama ini sedang dimiliki oleh dunia pendidikan kita. Jika tidak segera mendapatkan penanganan secara komprehensi dari banyak pihak yang terkait, dikhawatirkan pendidikan Indonesia justru akan semakin terpuruk. Jika hal tersebut terjadi maka yang menjadi korban tentu saja masyrakat terutama para anak-anak yang tidak memiliki kesempatan untuk belajar dengan baik.

Melalui Peringatan Hari Pendidikan Nasional, maka sudah seharusnya kita semua bergandeng tangan dan berjanji dengan sungguh-sungguh untuk bekerja sama dalam memajukan dunia penididkan nasional ke arah yang lebih maju lagi. Amien. Selamat hari Pendidikan Nasional.

No comments:

Post a Comment