Ketika Anak SLB Jatuh Cinta

Cinta adalah anugerah, itulah kata-kata yang sering diucapkan oleh orang-orang yang sedang jatuh cinta. Kata orang lagi cinta berjuta rasanya, atau ada kata-kata yang sering diucapkan adalah cinta itu buta, dan berbagai macam yang diungkapkan oleh orang terutama yang sedang jatuh cinta dengan berbagai ucapan dan kiasan sesuai dengan aoa yang mereka rasakan dan mereka ketahui akan makna dan arti cinta itu sendiri.


Cinta memang bukan hanya bisa dirasakan oleh mereka yang sedang jatuh cinta, karena cinta itu universal dan bisa datang kepada siapa saja maka jangan heran jika ada cinta juga hadir ditengah anak-anak yang menyandang cacat, atau saya katakan adalah anak-anak yang berkebutuhan khusus. Dan itu sangat nyata, karena ternyata mereka juga mengalami hal yang sama sebagamana yang dirasakan oleh anak-anak remaja normal lainnya.

Memang berbeda tentunya bagaimana mereka mengekspresikan rasa cinta yang sedang menggelayuti pikiran dan perasaan mereka tentunya dengan remaja biasa. Sebagaimana yang terjadi pada salah satu anak didikku yang berada di kelas IX SMP jurusan Tuna Grahita Sedang (C1), disamping mengalami cacat mental sekaligus juga cacat fisik namun tidak menghalangi dia untuk bisa mengungkapkan rasa cinta yang ia miliki. Namun yang mungkin terasa lain adalah seorang yang dicintai tersebut adalah salah satu personel boy band Indonesia SMASH yang tak lain adalah Rangga SMASH.

Saking sukanya dia dengan Rangga SMASH, ketika pelajaran agama berlangsung hari Kamis yang lalu dia mendatangi mejaku lalu menunjukkan foto Rangga SMASH yang ada di HPnya sambil bilang "pak ini cintaku, aku cinta dia" meskipun dengan kata-kata yang kurang jelas karena ngomongnya memang tidak lancar karena dia cacat fisiknya salah satunya menyebabkan cara ngomongna menjadi kurang jelas. Sambil menunjukkan foto yang ada di HPnya seketika itu juga dia mencium foo di HP tersebut berulang kali, ketika kutanya mengapa begitu, dia bilang dia sayang sama Rangga.

Meskipun di ruang kelas banyak teman-temannya yang menertawakannya dia tidak peduli sama sekali, dia tetap bilang dia cinta Rangga sambil terus menerus menciumi HPnya yang ada foto Rangga. Hemmm melihat hal tersebut tentu aku hanya bisa tersenyum dan berkata dalam hati "inikah kenyataan ketika anak SLB sedang jatuh cinta" aku tidak tahu pasti, akan tetapi aku ang aku yakini adalah Tuhan telah memberikan perasaan cinta kepada semua hambanya tak terkecuali buat anak-anak SLB.

No comments:

Post a Comment