Mengisi Sumpah Pemuda

Sudah 87 tahun lamanya bangsa Indonesia senanatiasa memperingati hari Sumpah Pemuda tiap tanggal 28 Oktober. Yaa, sumpah pemuda diikrarkan oleh para pemuda Indonesia yang terdiri dari para pemuda Jawa, Sumater, Ambon, Batak, Betawi dan para pemuda lainnya tepat pada tanggal 28 Oktober 1928. Sehingga sampai saat ini setiap tangggal 28 Oktober senantiasa diperingati sebagai hari sumpah pemuda.

Tanggal 28 Oktober 1928 merupakan hari bersejjarah bagi bangsa Indonesia karena di hari itulah pemuda-pemuda Indonesia yang memiliki suku dan latar belakang yang berbeda-beda bersepakat untuk bersatu dan berikrar dengan berani di tengah kondisi bangsa yang sedang terjajah untuk selalu mempertahankan NKRI. Dalam kesempatan tersebut para pemuda Indonesia tidak menghiraukan rasa takut demi satu harapan yaitu agar bangsa Indonesia terhindar dari penjajah. 
 
Gambar
Dalam kesempatan itu pula akhirnya para pemuda pemberani tersebut melahirkan sebuah hasil dan ikrar suci sebanyak tiga point penting yaitu:
Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Membaca sejarah tentang perjuangan para pemuda 87 tahun yang lalu memang memunculkan sebuah rasa bangga terhadap apa yang telah diperjuangkan para pemuda di masa lalu. Semangat, tekad dan keberanian mereka dalam menentang penjajah adalah bukti bahwa mereka sangat cinta kepada bangsa ini. Mereka juga sangat paham bahwa hanya persatuan yang bisa mengalahkan penjajahan di bumi pertiwi ini.

Saat ini Indonesia telah merdeka, kurang lebih 70 tahun lamanya bangsa ini telah terbebas dari penjajahan bangsa asing. Akan tetapi jika dilihat kondisi para pemuda Indonesia saat ini sedikit mengkhawatirkan. Banyak sekali pemuda-pemudi Indonesia yang telah terjerumus ke jalan yang tidak benar. Tak sedikit kaum muda bangsa ini terjerat narkoba, seks bebas, aksi kejahatan, kriminalitas, dan perbuatan maksiat lainnya. Padahal ditengah kondisi bangsa yang sedang berkembang, seharusnya para pemuda mengisinya dengan kegiatan yang positif, kreatif serta bisa membanggakan bangsa ini.
 
Gambar
Meskipun harus diakui pula, diantara banyak pemuda bangsa ini ada sedikit yang telah berprestasi dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia baik melalui pendidikan, budaya, olah raga, dan lain sebagainya. Hal inilah yang seharusnya dilakukan oleh pemuda Indonesia dalam mengisi kemerdekaan Indonesia, bukan sebaliknya berbuat sesuatu yang membuat kerugian bagi diri sendiri, orang lain dan bangsa ini.

Momentum peringatan sumpah pemuda harus dijadikan sebagai sarana untuk membangunkan semangat para pemuda Indonesia agar bisa berbuat yang terbaik bagi bangsa Indonesia, lebih-lebih untuk diri sendiri, orang tua dan masyarakat luas. Tentunya perbuatan tersebut adalah kegiatan yang bernilai positif dan bermanfaat bagi kehidupan ini.

Hidup Pemuda
Hidup Rakyat
Hidup Bangsa Indonesia

Selamat Hari Sumpah Pemuda!!!

2 comments:

  1. Agak setuju. Sebetulnya pemuda Indonesia banyak yang berprestasi, hanya ruang untuk anak muda sangat terbatas di negeri ini.

    ReplyDelete