Tips Mudah dan Praktis Menjaga Kesehatan Saat Travelling



Siapa yang tidak suka liburan? Apalagi jika kamu merupakan seorang karyawan, yang disibukkan dengan rutinitas kerja dan jadwal yang padat. Penelitian mengungkapkan jika liburan akan meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan. Jadi, liburan itu sangat penting buat kamu yang butuh rehat sejenak dan kembali bekerja  lebih semangat seperti saat kamu baru pertama kali masuk kerja.

Namun, liburan akan menjadi kurang menyenangkan jika kamu tiba-tiba merasa tak enak badan atau jatuh sakit saat menikmati tempat wisata, bukan? Sudah dapat tiket murah, liburan di tempat impian, eh malah sakit. Agar hal tersebut tak terjadi, kami akan memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan saat travelling.
1.       Tidur
sumber:bobo.grid.id

Hal mendasar yang kadang sulit dilakukan, terlebih jika adrenalin mulai terpacu arena berada ditempat yang baru dan menyenangkan, atau merasa sayang jika liburan kamu dihabiskan untuk tidur. Yang paling sering terjadi adalah jika kamu berlibur di negara dengan zona waktu yang berbeda dan masih merasa jet lag. Sesulit apapun, cobalah untuk tidur dan beristirahat sebelum kamu melakukan aktivitas lain. Agar badan tidak merasa kelelahan.

2.       Membawa Camilan Sendiri
Pilih camilan yang sehat, seperti kacang-kacangan atau membuat overnight oat sendiri. Mudah, praktis dan tentu saja sehat. Hal ini untuk menghindari kamu makan jajanan yang kurang sehat atau tidak bersih.

3.       Suntik Vaksin
sumber:hellosehat


Di beberapa negara, wisatawan diharusan untuk melakukan vaksin saat memasuki negaranya seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, India, Kamboja, Fiji dan China. Mengenai jenis vaksinnya, kamu dapat berkonsultasi langsung dengan dokter, ya. Agar liburan lebih nyaman. Jangan sampai tiket murah yang kamu dapatkan dari Traveloka menjadi sia-sia karena jatuh sakit.

4.       Wajib Banyak Minum Air Putih
Hal ini sering dilupakan karena merasa tubuh sudah terhidrasi dengan baik. Maka, cobalah untuk banyak minum air putih. Agar badan tetap terhidrasi dan sehat.

5.       Jalan Kaki
sumber: tribunnews

Saat travelling, kamu cenderung akan lebih banyak berjalan dibanding biasanya, agar tak merasa kelelahan, atur waktu berjalan kamu. Istirahat setiap merasa sedikit lelah, jangan terlalu dipaksakan. Jangan lupa untuk minum air mineral setiap kamu merasa lelah.

6.       Konsumsi Makanan Bergizi
Budget tiket sudah dapat ditekan dengan mendapatkan tiket murah, namun bukan berarti budget makanan menjadi membengkak. Meski kamu ingin melahap semua jajanan lokal yang tersaji dan karena berfikir hal tersebut merupakan kesempatan yang jarang terjadi, cobalah untuk mengendalikannya. Karena, tidak semua makanan cocok untuk perut kamu. Salah-salah kamu akan merasa sakit di bagian perut, dan membuat liburan kamu menjadi tidak nyaman. Karenanya, pilih makanan yang bergizi atau minimal, makanan yang sekiranya cocok untuk perut kamu.

7.       Kenali dan Perhatikan Apa yang Tubuh Butuhkan

sumber:suara.com

Banyak yang merasa tidak sadar dengan kebutuhan tubuh. Mereka baru sadar saat merasa marah karena lapar, haus berlebih dan kelelahan. Biasanya ini terjadi karena sering terburu-buru pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Mulai perhatikan kebutuhan tubuh kamu jangan abai saat merasa lapar, haus, atau butuh istirahat.

8.       Rajinlah Mencuci Tangan
Kita tidak tahu bagaimana kuman berpindah dengan sangat mudah dan ada dimana saja kuman tersebut. Sebisa mungkin cuci tangan dengan air yang mengalir dan gunakan sabun antiseptic agar kuman-kuman tersebut mati.

Jadi, sudah siap untuk next trip? Kemana rencana liburan kamu selanjutnya?

Post a comment