Belajar Investasi Bareng Manulife



Akhir bulan lalu tepatnya pada har Minggu 30 September 2018 merupakan salah satu moment yang bersejarah buat saya. Moment tersebut kebetulan bertepatan dengan peringatan 30 S PKI yang selama ini sering digunakan banyak masyarakat Indonesia untuk menonton film tentang sejarah tersebut. Namun, 30 September yang lalu saya tidak ikut menyaksikan film 30 S PKI melainkan ikut berpartisipasi dalam acara KopdarInvestarianMami di kantor Manulife Semarang.

Saya sebut moment bersejarah, karena saat itulah pertama kalinya saya belajar tentang investasi. Itupun karena dipaksa ikut oleh istri untuk menggantikan temen blogger peserta yang berhalangan hadir, sekaligus untuk nemenin istri ke acara yang memang diperuntukkan bagi para blogger tersebut. Akhirnya dengan rayuan maut istri berhasil mengajak saya hadir di acara tersebut.

Meskipun awalnya berat untuk meninggalkan anak-anak di Pekalongan karena hanya weekend lah saya bisa berkumpul dengan mereka, akan tetapi demi menemani istri tercinta dan berniat untuk menuntut ilmu tentang investasi, akhirnya saya pun memutuskan bersedia menghadiri acara yang memang pesertanya adalah para blogger. Berangkat dari Pekalongan sekitar pukul 07.00 WIB dengan naik motor, saya dan istri akhirnya sampai di kantor Manulife Semarang tempat acara sekitar pukul 09.30 WIB.

Bertempat di ruang rapat Manulife Semarang saya dan istri bertemu dengan peserta lainnya yang kebetulan sudah ada beberapa yang hadir. Tak menunggu lama setelah hampir 90% peserta hadir acarapun dimulai. Sesuai dengan rundown acara dimulai sekiatr jam 10.00 WIB lebih sedikit dibuka oleh pemandu acara, namanya saya lupa pokoknya mbak cantik hehehe.

Setelah pembawa acara mengucapkan selamat datang kepada para peserta, acarapun dilanjut dengan peserta kopdar diminta mengisi survie kecil-kecilan yang telah disiapkan oleh pihak manulife. Setelah mengisi survie, kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan tuan rumah (Manulife Semarang) yang diwakili oleh mas Surya. Dalam kesempatan tersebut mas Surya mengucapkan terima kasih kepada para blogger yang telah berkenan hadir dan mengikuti diskusi dan sharing tentang investasi. Kemudian mas Surya juga berharap kerjasama antara Manulife dan Blogger bisa terlaksana terus ke depan.

Sebelum acara utama yaitu sesi sharing tentang investasi dimulai, terlebih dahulu di isi dengan sesi penulisan blog. Sesi menulis blog ini berlangsung sangat gayeng karena di isi langsung oleh salah satu bloger senior yang sudah malang melintang di dunia perbloggeran Indonesia. Dia adalah mbak Nia Nurdiansyah, seorang blogger yang sudah sukses mendapatkan banyak keuntungan karena menulis di blog. Mbak Nia juga berbagi resep bagaimana menulis blog yang baik dan menghasilkan.

Bukan hanya mbak Nia saja, acara sharing tentang blog juga di isi dengan sharing sejumlah blogger senior yang tentunya sudah banyak memiliki pengalaman. Salah satunya adalah mas Don. Beliau membagi ilmunya tentang menulis di blog, menurutnya agar blog menarik harus rajin di isi (rajin menulis). Bukan hanya itu saja, beliau juga memberi tips lain kepada para blogger agar rajin-rajin hunting (reportase) bahan menulis blog. Karena dengan bahan yang baik tentu akan menghasilkan tulisan blog yang baik pula.

Selain mas Don ada pula sharing dengan para blogger yang jago mengikuti lomba, yaitu mas Diko dan Mbak Diyanika. Kedua blogger tersebut terkenal karena sering menang lomba blog. Tak tanggung-tanggung mereka kerap mendapatkan ahdiah laptop, HP, maupun uang. Tentu untuk bisa menang lomba blog bukan perkara mudah, mereka berbagi bahwa untuk bisa menang lomba blog yang pertama dan terpenting adalah sering-seringlah mengikuti lomba. Dan tidak lupa harus belajar memahami kriteria apa yang dilombakan. Sharing dengan para blogger juara tersebut memang sangat menyenangkan, dan semakin menambah ilmu bagi saya.

Setelah sesi menulis blog selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan acara utama yaitu sharing tentang investasi yang langsung disampaikan oleh Presiden Direktur PT. Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) bapak Legowo Kusumonegoro. Beliau dengan panjang lebar menerangkan tentang pentingnya investa, atau dalam bahasa sederhanya adalah menabung. Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh Pak Legowo yang bisa saya rangkum dalam catatan kecil saya, diantaranya adalah:

1.    Mengelola keuangan, sama halnya mengelola nikmat yang diberikan oleh Allah SWt. Oleh sebab itulah kita tidak boleh mengelola keuangan kita dengan sembarangan, tetapi harus dikelola sebaik mungkin.
2.    Bermimpi itu penting, karena mimpi merupakan bekal untuk menjadi sukses. Artinya kesuksesan seseorang bisa diraih dari sebuah mimpi. Yang terpenting adalah usaha untuk mewujudkan mimpi tersebut.


3.    Menabung itu sangat penting. Sedikit apapun rejeki yang kita dapatkan usahakan untuk bisa menabung. Karena menabung meskipun sedikit kalau dilakukan secara disiplin dan istiqomah tentu hasilnya ke depan juga bisa besar. Kunci menabung bukan pada persoalan besarnya uang atau harta, untuk menabung yang dibutuhkan adalah kedisiplinandan konsistensi sekecil apapun rejeki kalau bisa menyisihkan untuk ditabung maka akan lebih baik.
4.    Menabung itu jangan ditunda. Karena nilai uang bisa berkurang karena adanya infalsi. Ibarat pencuri, inflasi merupakan pencuri uang yang tidak terlihat wujudnya. Oleh sebab itulah menabung jangan menunggu kalau memiliki uang banyak, tetapi menabung bisa dilakukan sejak dini.
5.    Kesalahan dalam menabung yang biasanya dilakukan orang Indonesia adalah ketika memiliki rejeki mereka akan belanja dulu, sisa belanja baru ditabung. Harusnya menabung dulu baru sisa menabung dibelanjakan. Itulah tips menabung yang baik ketika mendapatkan rejeki.
6.    Tips untuk mengatur keuangan ditengah inflasi salah satunya adalah mengendalikan pengeluaran untuk makan. Bisa makan 2 kali sehari tidak harus 3 kali atau lebih. Kalau bisa berpuasa lebih baik karena hal itu akan mengurangi pengeluaran sekaligus bisa beribadah.

7.    Dalam hidup kalau bisa jangan menghutang, karena hutang akan menambah kewajiban kita, yaitu harus membayar dengan bunga pula. Jika terpaksa menghutang, hutanglah yang produktif artinya hutang digunakan untuk usaha yang bisa menghasilkan uang untuk membayar hutang sekaligus keuntungannya digunakan untuk membesarkan usaha kita.
8.    Tips melunasi hutang diantaranya adalah lunasi hutang yang memiliki bunga besar dahulu, lunasi hutang yang paling kecil agar hutang berkurang, dan yang paling penting jangan menambah hutang baru agar hutang tidak semakin banyak dan jumlahnya besar.
9.    Tips berinvestasi antara lain: belajarlah tentang ilmu investasi, jangan tergoda pada sales investasi, jangan mau berinvestasi dengan untung besar resiko kecil itu tidak masuk akal, jangan memiliki asumsi bahwa investasi harus memiliki modal besar, modal investasi adalah uang dan waktu serta pengetahuan (ilmu investasi). Oleh sebab itulah untuk berinvestasi dibutuhkan pribadi yang memiliki pengetahuan, modal (uang meskipun tidak besar) dan juga waktu. Tanpa hal tersebut tentu sulit untuk sukses dalam berinvestasi.
10. Jika ingin belajar berinvestasi bisa bergabung dengan Manulife melalui Reksa Dana Manulife. Karena di Reksa Dana Manulife banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh konsumen diantaranya adalah resiko kecil, mudah dicairkan, Reksa Dana sama seperti arisan, dana Reksa Dana dikumpulkan secara kolektif kemudian di depositkan di Bank oleh manajer, Reksa Dana stabil, Reksa Dana banyak partner, Reksa Dana aman karena senantiasa diawasi, Reksa Dana bersifat online jadi bisa dimonitor kapan pun dan dimana pun.

Selain itu, Pak Legowo juga membagikan berbagai wawasan ilmu tentang investasi dan pengalaman beliau dalam menangani investasi. Beliau mengharapakan jika ada peserta yang ingin terjun di dunia investasi bisa belajar dan bergabung di Reksa Dana Manulife.


Setelah sharing tentang investasi selesai, acara kemudian dilanjutkan tentang seputar Reksa Dana Manulife Semarang yang disampaikan oleh Mas Surya. Secara singkat mas Surya menerangkan berbagai kelebihan dan keuntungan berinvestasi melalui Reksa Dana Manulife. Bagi yang ingin tahu banyak dan berminat bergabung dengan mas Surya dan kawan-kawan di Manulife mereka sangat welcome dan akan membantu, begitu yang disampaikan mas Surya di akhir acara.



Acara sharing KopdarInvestarianMami di kantor Manulife Semarang ditutup dengan penyerahan hadiah bagi penanya terbaik dan peserta yang livetwitt terbanyak. Dan alhamdulilah saya termasuk yang mendapatkan hadiah tersebut. Terima kasih untuk Manulife yang telah memberi kesempatan saya dan temen-temen blogger sharing tentang investasi. Bagi saya ini merupakan pengalaman yang sangat bermanfaat sekali, apalagi juga dapat hadiah juga hehehe. Semoga acara ini membawa berkah, amin. 

1 komentar:

Dapet hadiah apa Bi, hahahha selamat ya
Ilmu banget ya belajar Reksa Dana, aku ya seneng belajar investasi jadi ngerti sekarang

Reply

Post a comment