Catatan dari OSN SD tahun 2019


Assalamu’alaikum
Hai teman-teman semua, kali ini saya akan menulis tentang rangkaian upacara penutupan (closing ceremony) Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 untuk jenjang Sekolah Dasar yang dipusatkan di The Rich Hotel Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta.
Untuk diketahui bahwa gelaran OSN 2019 ini mengambil tema “Mencintai Sains Mengukir Masa Depan”. Dan untuk pelaksanaannya sendiri dipusatkan di dua kota besar yaitu Yogyakarta untuk OSN SD 2019 dan OSN SMP 2019, sementara untuk pelaksanaan OSN SMA dipusatkan di Kota Manado Sulawesi Utara. Gelaran Olimpiade Sains Nasional 2019 sendiri sudah dimulai dari tanggal 30 Juni 2019 - 6 Juli 2019. 
 
Arena OSN 2019 Jenjang SD di The Rich Hotel Yogyakarta
Sekedar untuk berbagi informasi kepada teman-teman semua, bahwa Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa di tingkat SD, SMP,  dan SMA yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diselenggarakan secara berjenjang. Maksudnya adalah jika siswa lolos seleksi Olimpiade Sains di tingkat Provinsi, maka selanjutnya berhak mewakili provinsi untuk maju ke tingkat nasional yang kemudian disebut Olimpiade Sains Nasional (OSN). OSN sendiri bertujuan untuk membina karakter siswa jadi pekerja keras, jujur tangguh menghargai prestasi orang lain dan cinta tanah air

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Untuk tahun ini memasuki tahun yang ke XVIII penyelenggaraan OSN. Sedangkan yang bertugas sebagai tuan rumah tempat penyelenggaraan OSN adalah provinsi yang dipilih karena telah memenuhi persyaratan dan tentunya juga dilakukan secara bergilir. Dan untuk tahun ini kebetulan yang jadi tuan rumah OSN 2019 adalah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan  Provinsi Sulawesi Utara (Manado).
OSN 2019

OSN 2019 Jenjang SD
Khusus untuk pelaksanaan OSN jenjang SD dipusatkan di The Rich Hotel Yogyakarta dengan 2 mata pelajaran yang dilombakan yaitu Matematika dan IPA.  Sedangkan untuk OSN jenjang SMP mengambil lokasi di 3 tempat yakni di The Alana Hotel, Universitas Negeri Yogyakarta dan SMP 8 Yogyakarta, dan untuk jenjang SMP sendiri ada tiga kategori yang dilombakan yaitu Matematika, IPA, dan IPS.

Untuk OSN tingkat SD yang dilombakan adalah dua matapelajaran yaitu Matematika dan IPA. Masing-masing bidang terdiri dari 136 peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia, dengan rincian 68 peserta berdasarkan rangking nasional hasil seleksi tingkat provinsi, dengan jumlah maksimal untuk setiap provinsi sebanyak 3 peserta didik, dan sejumlah 2 peserta didik wakil masing-masing provinsi diambil dari rangking tertinggi provinsi. Sehingga masing-masing provinsi dapat diwakili oleh minimal 2 peserta didik dan maksimal 5 peserta didik untuk masing-masing bidang studi.

Bagi para peserta OSN yang mewakili provinsi masing-masing tentu merupakan kesempatan yang luar biasa, karena mereka bisa berkompetisi dengan peserta dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia. Mereka bisa menunjukkan kemampuan dan prestasi terbaik mereka supaya bisa menjadi yang terbaik. Selain itu secara tidak langsung para peserta juga bisa menjalin tali silaturrahmi, pertemanan dan persaudaraan dengan peserta dari seluruh Indonesia. Hal itu sesuai dengan yang dikemukakakn oleh Sekjend Kemdikbud, beliau menyampaikan pesan bahwa OSN bukan hanya ajang berkompetisi dalam bidang sains tetapi juga merupakan moment silaturahmi antar peserta yang berkompetisi.
 
OSN 2019 Tingkat SD
Pelaksanaaan lomba OSN tingkat SD sendiri dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2019 untuk tes teori di Ballroom 1 dan Ballroom 2 The Rich Hotel Yogyakarta sedangkan pada tanggal 3 Juli 2019 dilaksanakan ujian praktiknya pada tempat yang sama. Secara keseluruhan pelaksanaan test, baik itu test teori maupun praktek berjalan dengan lancar. Selain itu semua peserta OSN SD juga sangat serius dalam mengerjakan soal yang ada. Setelah selesai tes tulis dan praktik mereka juga di ajak untuk menikmati tempat-tempat wisata, khususnya wisata pendidikan yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya, yaitu ke candi Borobudur dan juga taman pintar.

Meriahnya Closing Ceremony
Salah satu hari yang ditunggu-tunggu peserta OSN 2019 tingkat SD adalah hari Juma’t tanggal 5 Juli 2019, karena saat itu merupakan saat dimana diadakan upacara penutupan (closing ceremony) OSN 2019 tingkat SD sekaligus pengumunan peserta yang mendapat juara sekaligus penyerahan medali. Moment tersebut adalah saat yang paling mendebarkan dan membahagiakan khususnya bagi yang menang, tapi bagi yang kalah tidak boleh kecewa dan bekecil hati, karena mereka juga merupakan juara di tingkat kabupaten dan juga provinsi yang mereka wakili.
Balroom 1 dan 2 tempat Closing Ceremony OSN 2019 Jenjang SD
Acara penutupan OSN 2019 tingkat SD sendiri sedianya akan dimulai pada pukul 14.00 WIB-selesai. Saya sendiri tiba di The Rich Hotel Yogyakarta sekitar pukul 12. 30 WIB. Saat itu pemandangan di loby hotel The Rich sangat ramai dengan lalu lalang peserta OSN SD beserta pendamping maupun orang tua yang menemani mereka selama berada di Yogyakarta. Karena acara upacara penutupan berada di Ballroom 1 dan 2 lantai 2 maka saya coba merapat ke lokasi. Disana sudah tampak persiapan penutupan OSN 2019 tingkat SD.
Peserta OSN dari Sumatera Utara
Sekitar pukul 13.30 para peserta OSN SD dan juga para pendamping mulai memasuki balroom 1 dan 2, yang unik adalah mereka memakai pakaian adat daerah masing-masing. Ketika saya tanya salah satu peserta asal jambi dia menjawab bahwa pakaian ada memang dipersiapkan dari rumah untuk acara penutupan. Hal itu berbanding terbalik dengan para pendamping yang tidak memakai pakaian adat karena tidak ada perintah dari atasan.
Peserta dan Pendamping OSN dari Kep. Riau
Sekitar pukul 14.00 WIB acara dimulai dengan tampilan band Istana dan juga ada tampilan Alfina Atalia Naila siswa dari SD Noggotirto yang menyanyikan lagu berjudul “Terbaik Bagimu”. Tidak lama kemudian hadir Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Bapak DR. H. Khammim, M.Pd ke dalam ruangan closing ceremony, dengan disambut oleh tarian cucuk lampah yang dibawakan oleh Dinda dan Nia dari SD Sinduadi 1 Sleman Yogyakarta.
Direktur Pembinaan SD Bapak DR. H. Khammim, M.Pd saat datang ke Ballroom 1 dan 2
Selanjutnya acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, dimana seluruh peserta yang hadir dalam ruangan menyayikan dengan berdiri dan hikmad. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembacaan doa agar acara berjalan dengan lancar. Setelah doa acara dilanjtkan dengan laporan panitia yang dibacakan oleh Kasubdit. Peserta Didik Bapak Khairullah, M.Pd., acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video kilas balik kegiatan OSN 2019 tingkat SD. Banyak gelak tawa saat pemutaran video dilakukan, terutama bagi mereka yang tersorot kamera video, hal itu semakin membuat meriah suasana di Balroom The Rich Hotel. Selain itu para dewan juri dari bidang studi IPA pun ikut unjuk kemampuan mengajak seluruh yang hadir melakukan senam baby shark bersama-sama semakin menambah ramai suasana penutupan OSN 2019 SD.
Pemutaran Video Kilas Balik Kegiatan OSN 2019 jenjang SD
Sebelum pengumuman para juara dilakukan, Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Bapak Dr. H.  Khamim,  M. Pd. Memberikan kata sambutan dan pengarahannya. Bapak Khamim menyampaikan bahwa OSN jangan sampai berhenti sampai di sini, tetapi harus dilanjutkan di tempat masing-masing. Beliau juga menambahkan bahwa seluruh peserta yang mengikuti ajang bergengsi di bidang sains ini akan dijadikan duta-duta sains yang diharapkan dapat memberi inspirasi dan  motivasi bagi teman-temannya dan juga adik-adik kelas di tempat masing-masing. Beliau juga berpesan agar peserta OSN tahun ini dapat menjadi tutor bagi adik-adiknya di sekolah masing-masing.
Sambutan sekaligus penutupan OSN 2019 jenjang SD oleh Direktur Pembinaan SD. (gambar dari group OSN 2019)

Setelah acara OSN 2019 tingkat SD resmi ditutup oleh Bapak DR. H. Khammim, M.Pd, acara dilanjtkan dengan penyerahan cinderamata untuk para dewan juri yang diserahkan langsung oleh Direktur Pembinaan SD bapak DR. H. Khammim, M.Pd, didampingi oleh Kasubdit. Peserta Didik, Bapak Khairullah, M.Pd. acara kemudian dilanjutkan dengan penghargaan kepada peserta dari daerah 3 T yaitu Garda Adiwitya Sugiarto dari Kalimantan Barat. Sedangkan peserta termuda adalah Karl Viery Tendean dari Manado Sulawesi Utara. Dan juga penghargaan kepada duta Sain yang diwakili peserta dari Privinsi Aceh dan Papua.
Acara kemudian dilanjutkan secara berturut-turut pengumuman pemenang OSN SD. 

Pengumuman dibagi dalam 3 tahap, yaitu pengumuman peserta yang mendapatkan medali perunggu,  kemudian yang mendapat medali perak,  dan yang terakhir yang memperoleh emas. Untuk setiap bidang studi yang dilombakan yaitu IPA dan Matematika,  disiapkan masing-masing 15 medali perunggu, 10 medali perak,  dan 5 medali emas sehingga total medali adalah 60.  Perolehan medali terbanyak untuk tingkat SD dan menjadi juara umum adalah DKI Jakarta, disusul Provinsi Jawa Timur,  dan Banten.
 
Para Pemenang
Adapun perolehan rinci dari medali OSN 2019 jenjang SD dapat dilihat dan di unduh di sini. Bagi kalian yang tidak ingin ketinggalan informasi dan kepo dari Dikdasmen Kemendikbud, dapat follow akun instagramnya dan akun twitternya. Selamat kepada para juara OSN 2019 tingkat SD yang berhasil memperoleh medali. Bagi yang belum beruntung, kalian tetap juara dan jangan pernah putus asa untuk “Mencintai Sains Mengukir Masa Depan”.

Post a Comment