Mengenal Kesehatan Reproduksi Melalui Internet

 

Workshop Kesehatan (Dok. Pribadi)

Sebagai seorang guru di Sekolah Luar Biasa, saya dituntut untuk dapat berperan dalam berbagai bidang kegiatan yang ada di sekolah. Meskipun secara normatif saya bertugas sebagai guru agama Islam sesuai dengan ijazah yang saya miliki, namun di tempat saya bekerja seringkali saya mendapatkan amanah untuk memegang beberapa tanggungjawab. Misalnya saja saya pernah diberi amanh kepala sekolah untuk ikut menjadi tim pengelola Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pernah juga menjadi tim pengelola dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan berbagai bantuan lainnya yang pernah turun di sekolah.

Tahun pelajaran 2022-2023 ini saya malah ketiban sampur untuk jadi wakil kepala bidang kesiswaan, penanggungjawab pembangunan musholla, penanggungjawab ektsrakurikuler pramuka, penanggungjawab lomba-lomba, serta penanggungjawab UKS. Nah, bagian terakhir ini yang memang membutuhkan keseriusan lebih karena jujur saya memang masih awam tentang hal-hal yang berkaitan dengan UKS. Namun demikian, saya berprinsip bahwa amanah yang diberikan pimpinan harus saya jalankan dengan sepenuh hati, semampu dan  sebaik yang saya bisa.

Saya juga berpandangan bahwa masalah kesehatan sangat erat kaitannya dengan masalah agama yang selama ini saya tekuni. Apalagi semua hal bisa dipelajari, apalagi dengan adanya internet saya merasa bahwa bisa belajar dan mencari berbagai informasi tentang Usaha Kesehatan Sekolah melalui media sosial maupun lewat google. Saya juga bersyukur dengan adanya fasilitas dari sekolah berupa jaringan internet IndiHome dari Telkom Indonesia sehingga saya bisa berselancara di dunia maya untuk mencari berbagai referensi kesehatan, khususnya kesehatan bagi anak sekolah yang berkebutuhan khusus.

 

Menjadi Moderator Workshop Kesehatan (Dok Pribadi)

Workshop Kesehatan Siswa

Salah satu kegiatan dari UKS SLB Negeri Ungaran tempat saya bekerja yang sudah dilaksanakan adalah menyelenggarakan Workshop Kesehatan bagi siswa SLB Negeri Ungaran. Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pada hari Selasa, 15 Maret 2022 yang lalu menghadirkan dua narasumber yaitu dr. Astri Aninda Niagawati dan dr. Naufal Aria Prakasa dari Semarang. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa beserta segenap guru SLBN Ungaran di Aula SLBN Ungaran.

Narasumber menjelaskan materi (dok. pribadi)

Pada kegiatan tersebut kedua narasumber menyampaikan pentingnya untuk mengenali kesehatan reproduksi bagi siswi dan pentingnya para siswa untuk mengetahuinya. Karena berhadapan dengan anak-anak berkebutuhan khusus, para narasumber memang agak kesulitan untuk berkomunikasi langsung saat menjelaskan materi. Akhirnya saya yang kebetulan sebagai penanggungjawan dan sebagai moderator acara tersebut menyarankan kepada narasumber untuk menampilkan gambar atau vidio agar anak-anak yang mengikuti workshop bisa lebih jelas menangkap materi yang disampaikan.

Materi dalam workshop

Akhirnya narasumber mencarikan video yang berkaitan dengan materi yang disampaikan melalui media youtube. Bersyukurnya bahwa jaringan internet di sekolah khususnya di dalam aula SLBN Ungaran sangat baik, sehingga ketika nanasumber memutarkan beberapa video tentang pentingnya mengetahui kesehatan reproduksi manusia siswa-siswi SLBN Ungaran yang mengikuti kegiatan antusias. Bahkan ketika ada season tanya jawab ada beberapa siswa yang bertanya tentang materi yang sedang dibahas kedua dokter tersebut.

Para peserta workshop kesehatan SLBN Ungaran

 

Internet Indonesia Memang Jagoan

Acara workshop kesehatan di SLBN Ungaran selesai sebelum duhur, ada beberapa pesan yang disampaikan oleh kedua narasmber workshop salah satunya adalah agar siswa-siswi SLBN Ungaran lebih bijak dalam menggunakan HP, apalagi saat memiliki kuota internet. Ibu dr. Astri Aninda Niagawati bahkan mewanti-wanti agar para siswa tidak membuka hal-hal yang negatif saat bermain internter di HP khususnya ketika berada di rumah.

Sedangkan dr. Naufal Aria Prakasa memberikan clossing statement bahwa Manfaat Internet salah satunya adalah untuk belajar tentang kesehatan reproduksi, oleh sebab itulah beliau berpesan kepada segenap guru khususnya siswa SLBN Ungaran yang sudah bisa bermain internet agar mencari informasi yang postif saja jangan yang negatif pungkas dr. Naufal.

Foto bersama siswa dan narasumber workshop kesehatan SLBN Ungaran

Acara workshop akhirnya ditutup dengan acara berfoto bersama dengan siswa peserta workshop dan juga dengan guru SLBN Ungaran. Saya sebagai penanggungjawab acara merasa bersyukur sekali dengan suksesnya dan lancarnya kegiatan workshop tersebut. Saya sebelumnya sempat ragu dan kuatir ketika narasumber akan menyajikam materi lewat video youtube secara langsung, takutnya sinyal internet kurang bagus, karena memang beberapa hari sebelum kegiatan berlangsung wifi internet sekolah sering ngadat. Namun kekuatiran saya sirna karena ternyata sinyal internetnya sangat bagus  dan acara berjalan dengan baik.


Foto bersama narasumber dengan sebagian guru SLBN Ungaran

Harus saya akui bahwa Internet Indonesia memang the best deh, tidak salah kiranya jika sekolah memilih IndiHome dari Telkom Indonesia sebagai penyedia layanan internet karena hasilnya memang sangat memuaskan. Saya pribadi merasa sangat bersyukur karena dengan adanya workshop kesehatan tersebut mendapatkan banyak ilmu tentang kesehatan khususnya kesehatan bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Karena masih minimnya ilmu saya tentang dunia usaha kesehatan sekolah (UKS), saya berjanji kepada diri sendiri untuk lebih giat lagi belajar mencari berbagai referensi terkait UKS dari internet dan mengajak kepada teman-teman guru yang lain untuk lebih berperan aktif dalam memajukan UKS SLBN Ungaran.

Post a Comment