Nonton Bola Indonesia vs Filipina

 

Nonton Bola Sendiri

Senin, 2 Januari 2023 merupakan hari pertama sekolah dan saya harus menyiapkan mental kembali untuk  menjalani rutinitas sebagai guru di SLB Negeri Ungaran. Saya sendiri boleh dibilang guru yang Indekos tepatnya ikut numpang di Asrama Siswa SLB negeri Ungaran. Dan pada hari Senin ini ada salah satu agenda yang memang sudah Saya rencanakan yaitu nonton pertandingan piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Filipina.

Saya sebelumnya juga sudah berencana menonton bareng dengan teman sejawat Saya yang kebetulan juga menyukai sepakbola. Karena pertandingan akan berlangsung pada malam hari, tepatnya pada oukul 19.30 WIB maka Saya meminta kepada teman untuk datang habis magrib saja. Namun sayang ternyata teman Saya ada kesibukan sehingga mengabari kalau batal untuk nobar.

Meskipun demikian saya tetap bersemangat untuk nonton bola meskipun sendirian, meskipun ada anak-anak asrama namun mereka tidak suka nonton bola. Ya pada akhirnya hanya ditemani sebotol minum air putih dan makanan kecil akhirnya saya menikmati pertandingan piala AFF sendirian. Antara senang, terkadang geram dna juga jengkel karena melihat beberapa kali pemain Indonesia gagal membuat gol membuat saya jadi gemas.

Memang pertandingan antara Indonesia melawan Filipina adalah pertandingan kunci timnas Indonesia untuk bisa maju ke semifinal atau tidak. Jika menang ataupun seri maka Indonesia bisa melaju ke babak semi final dengan harapan di pertandingan lain Thailand bisa mengalahkan Kamboja atau bermain seri. Harapan Indonesia melaju ke semifinal akhirnya terwujud karena Indonesia pada akhirnya bisa mengemas kemenangan di pihak lain Thailand juga menang melawan Kamboja.

Thailand menjadi juara group A sementara Indonesia menjadi runner up karena selisih gol meskipun mendapatkan point yang sama yaitu 10 point. Meskipun demikian rasa bangga tetap Saya rasakan sebagai masyrakat Indonesia karena berhasil mengalahkan Filipina karena sudah 10 tahun terakhir Indonesia tidak pernah menang melawan Filipina.

Namun di sisi lain, melihat penampilan Indonesia vs Filipina Saya juga khawatir jika para pemain timnas Indonesia masih bermain individualis maka besar kemungkinan pada waktu semifinal Jum’at besok tidak bisa mengalahkan lawannya. Oleh sebab itulah ada harapan besar Saya supaya para pemain timnas Indonesia lebih solid dalam bermain secara tim bukan individu karena itu kunci untuk bisa meraih kemenangan. Semoga pada tahun ini Indonesia bisa menjadi juara piala AFF, amiin.

Post a Comment