Menghibur Diri dengan Bermain Game

Guru merupakan sosok yang berperan penting dalam membentuk jiwa dan watak peserta didik menjadi generasi emas bangsa Indonesia. Tugas seorang guru tidak hanya mengajarkan materi pelajaran, namun yang lebih penting yaitu membentuk dan membangun kepribadian serta akhlakul karimah anak didik menjadi seorang yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Merujuk pada Undang-Undang Guru dan Dosen disebutkan bahwa guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevalusi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan menengah.

Jika ditelisik lebih jauh lagi, tugas Guru secara Umum adalah mendidik, dalam oprasionalisasinya mendidik adalah rangkaian proses mengajar, memberikan dorongan, memuji, menghukum, membentuk contoh dan membisakan. Sedangkan tugas khusus yang harus dilakukan oleh guru adalah

1. Sebagai pengajar (guru bertugas merencanakan progam pengajaran, melaksanakan progam yang telah disusun dan melaksanakan penilaian setelah progam itu dilaksanakan).

2. Sebagai pendidik (guru bertugas mengarahkan peserta didik pada tingkat kedewasaan yang berkepribadian yang sempurna).

3. Sebagai pemimpin ( guru bertugas memimpin dan mengendalikan diri sendiri, peserta didik dan masyarakat yang terkait, menyangkut upaya pengarahan, pengawasan, pengorganisasian, pengontrolan, partisipasi atas progam yang dilakukan).

Selain itu, guru memiliki berbagai macam peran yang sangat penting dilakukan utamanya untuk kemajuan peserta didik. Salah satu ciri guru yang berkompeten adalah mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih kondusif dan nyaman sehingga hasil belajar peserta didik lebih optimal.

Ada beberapa peran penting yang dimiliki oleh guru dalam perannya sebagai pendidik, yaitu; sebagai organisator, sebagai demonstrator, sebagai fasilitator, sebagai pengelola kelas, sebagai mediator, sebagai motivator, sebagai inspirator, sebagai informator, sebagai klimator, sebagai inisiator, sebagai kulminator, dan sebagai evaluator.

Untuk peran yang terakhir inilah yang saat ini sedang Saya lakukan, yaitu sebagai evaluator. Salah satu peran yang harus Saya lakukan adalah mengadakan evaluasi atau penilaian terhadap hasil belajar anak didik Saya yang telah dicapai selama satu semester ini..

Dalam ranah ini Saya berusaha menjadi seorang evaluator yang baik. Karena pada kegiatan evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran yang telah Saya rumuskan itu mencapai hasil yang optimal atau belum?, selain itu, apakah materi yang Saya ajarkan cukup tepat dan efektif. Semua pertanyaan tersebut akan dapat dijawab melalui kegiatan evaluasi atau penilaian.

Dengan penilaian inilah, Saya berusaha untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran yang Saya lakukan selama satu semester ini. Selain itu, tujuan lain dari penilaian inilah Saya dapat mengetahui kedudukan peserta didik di dalam kelas atau kelompoknya. Dengan penilaian pula Saya dapat mengklasifikasikan apakah seorang peserta didik termasuk kelompok peserta didik yang pandai, sedang, kurang, atau cukup baik di kelasnya jika dibandingkan dengan teman-temannya.

Harus Saya akui mendekati Akhir semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 semua guru disibukkan dengan kegiatan mempersiapkan Penilaian Akhir Semester (PAS). Begitu juga dengan Saya yang juga sibuk dengan berbagai kegiatan di sekolah, mulai dari mengajar anak-anak meskipun masih dengan sistem Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT), menyiapkan materi pembelajaran baik itu secara daring maupun secara luring, dan juga harus mempersiapkan soal untuk Penilaian Akhir Semester 1 ini.

Kalau dipikir-pikir tugas menjadi seorang guru tidaklah ringan, bukan hanya dituntut untuk dapat membentuk peserta didik sebagai pribadi yang pandai dan cakap dalam ilmu, melainkan guru juga harus mampu membentu peserta didik menjadi pribadi yang saleh berakhlakul karimah. Tentu hal itu bukanlah tugas yang ringan, disamping harus bergelut dengan berbagai perangkat pembelajaran guru juga harus dapat menjadi suri tauladan bagi anak didiknya.

Bermain Game untuk Merefresh Diri

Jika ditanya apakah tidak capek menjadi seorang guru dengan berbagai beban dan tanggungjawab besar yang dipikul? Sesekali memang Saya merasa capek dengan tugas dan tanggungjawab ini, namun ketika melihat perjuanganku selama ini hingga pada titik ini Saya kembali bersemangat untuk melakukan tugas mulia ini. Jika terkadang merasa bosan, maka Saya akan mencari hiburan untuk mengurangi beban yang Saya pikul. Salah satu yang saya lakukan guna merefresh diri ini adalah dengan bermain game.

Biasanya saya langsung buka leptop dan masuk ke web plays.org untuk mencari permainan yang akan aku mainkan. Kalian tahu Plays.org ga?

Apa Itu Plays.org?


Plays.org ini adalah sebuah situs yang nyediain ratusan game klasik berbasis web yang bisa kalian mainkan sepuasnya dan semuanya gratis!

Game yang ada di Plays.org ini banyak banget dan ditampilkan dalam beberapa katogori atau genre, seperti Ecuation, Funny, Music, Alphabet, Animal, Science, dan sebagainya. Kalian yang mau ngegame di Plays.org bisa memilih game apa yang ingin kalian mainkan.



Kalau saya suka games di plays.org ini dari kategori education. Di kategori ini ada beberapa games yang  bisa kamu mainkan langsung dari web plays nya. Kamu bisa memilih dari sekian banyak games yang ada di sini. Education categories ini termasuk yang punya banyak jenis gamesnya. 


Games ini tentang menata puzzle, kamu tenang aja kalo mau main di plays karena ada keterangannya dan cara bermainnya.

This is an alphabet-themed puzzle game. Rearrange the letters so they appear in alphabetical order in the fewest number of moves.

  • Choose among various themed letter sets.
  • Drag the letters to empty spaces to move them to their correct positions.


Dari sekian banyak games yang ada di plays.org, Emang di kategori education ini yang paling saya sering mainkan. Dan puzzle ini ngga pernah membosankan karena di plays semua permainannya bagus semua. 

Post a Comment